Inilah Gejala dan Tanda Fisik Adanya Kanker Payudara


WaspadaMajalah Wanita Online. Identik dengan kanker payudara adalah benjolan di Payudara. Itu asumsi umum yang berkembang. Akan tetapi tahuka Anda, benjolan di Payudara sendiri belum tentu bersifat ganas. Namun apalah salahnya kehati-hatian mensikapinya.  Pun jangan langsung bilang aman kalau tidak ada benjolan di payudara.

Adalah Andrew Putnam, direktur Program Palliative Care di Lombardi Comprehensive Cancer Center dan Georgetown University, lewat MSN menjelaskan bahwa “kadang kala benjolan kanker tertanam jauh di dalam jaringan payudara, dan saking padatnya, sampai tak terasa.”

Inilah Gejala dan Tanda Fisik Adanya Kanker Payudara. Sayangnya banyak para wanita tidak menyadari atau tidak mengetahuinya.

1. Memerah, Gatal dan sakit.

Hati hati dan segera lakukan pemeriksaan apabila muncul rasa panas di bagian payudara. Ketika disentuh.  Apalagi jeas jelas disertai peradangan/pembengkakan/memar. Dua hal ini cenderung disebabkan oleh kanker.  Lebih lanjut terjadi bengkak, sakit, ruam merah sampai kebiruan (seperti memar) dan bersisik.  Pada tahap selanjutnya, ia akan berlesung pipit atau berubah karakternya seperti kulit jeruk. Karakteristik rasa sakitnya hampir sama dengan nyeri saat PMS, namun, rasa gatalnya akan menunjukkan reaksi alergi dan bertahan lama sampai berhari hari bahkan lebih lama.

2. Rasa Nyeri punggung bagian atas

Rasa nyeri ini dari belakang bagian atas antara tulang belikat, nyeri otot tendon serta osteoarthritis tulang belakang. Ini dikarenakan tumor payudara tumbuh di dalam jaringan kelenjar payudara, yang menyebar ke seluruh area dada. Dalam perkembanannya sel sel tumor mendorong mundur ke arah tulang rusuk dan tulang belakang. Karenanya nyeri yang dihasilkan lebih dirasakan di punggung ketimbang di payudara. Yang perlu diwaspadai, kanker payudara ini dapat menjala dan menjadi kanker tulang sekunder.

3. Puting

Pada kondisi normal,  puting susu sensitif akan sentuhan, namun saar mengalami kanker payudara kesensitifan ini menurun sangat drastis. Kulit puting menjadi berkerak, bersisik dan meradang. Hal ini disebabkan karena sebagian tumor yang tumbuh menempel pada kulit sehingga menarik puting dan menyebabkan iritasi serta infeksi.

4. Perubahan bentuk payudara

Belum tentu muncul benjolan keras di payudara. Akan tetapi bentuk payudara akan mengalami perubahan mencolok. Payudara dengan kanker, bentuknya bisa lebih oval, atau turun ke bawah dan mencuat ke satu sisi.

5. Pembengkakan atau benjolan di ketiak

Munculnya rasa sakit di area leher dan tenggorokan yang berawal dari ketiak menunjukan adanya kecenderungan Kanker payudara. Ini terjadi karena cairan limfatik yang mengalir dari payudara ke area ketiak. Pengamatan sendiri dengan jemari akan menemukan seperti ada benjolan yang keras dan melekat.

Numpang Promo : Produk PT Natural Nusantara untuk merehabilitasi kanker adalah perpaduan anatar Chlorophylin, Lechitin, Royal Jelly dan Asam Amno Evolution.

Posted on Maret 17, 2014, in penyakit, tips, Umum, wanita and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: