Cintai Jantung Kita


love_heart11

Penyakit Jantung Koroner pada awalnya hanya merupakan penumpukan lemak pada dinding dalam pembuluh darah jantung (pembuluh koroner), dan hal ini lama kelamaan diikuti oleh berbagai proses seperti penimbunan jaringan ikat, perkapuran, pembekuan darah, dll., yang kesemuanya akan mempersempit atau menyumbat pembuluh darah tersebut. Hal ini akan mengakibatkan otot jantung di daerah tersebut mengalami kekurangan aliran darah dan dapat menimbulkan berbagai akibat yang cukup serius, dari Angina Pectoris (nyeri dada) sampai Infark Jantung, yang dalam masyarakat di kenal dengan serangan jantung yang dapat menyebabkan kematian mendadak.

Cintailah tubuh kita. Tentu saja juga jantung. Mulai konsumsilah daftar makanan dibawah ini untuk mencegah terjadinya penyakit jantung koroner. Tentu saja secara bijak dan berimbang. Oh ya, usahakan dari sumber yang dibudidayakan secara organik.

1. Sayuran berdaun
Bayam, lobak, dan selada. Jenis sayuran ini masuk dalam kategori rendah lemak, kalori dan tingggi serat. Selain itu juga mengandung asam folat, magnesium, kalsium, kalium dan mineral untuk fungsi optimal jantung. Menurut penelitian, konsumsi satu porsi sayuran berdaun dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 11 persen.

2. Oat (sereal)
Oat adalah salah satu menu pilihan sehat yang baik di pagi hari. Makanan ini tidak hanya membuat perut kenyang dan energik tetapi juga menjadi makanan sehat untuk jantung. Mengandung beta glucan, serat mudah larut dalam tubuh yang membantu menurunkan kolesterol terutama LDL dalam tubuh.

3.Gandum murni
Gandum sangat baik terhaap jantung karena mengandung serat alami, vitamin E, zat besi, magnesium dan antioksidan.

4. Protein kedelai
Jangan sepelekan tempe dan tahu. Dua makanan rakyat ini ternyata sahabat baik untuk jantung kita. Kedelai merupakan makanan pengganti yang baik untuk daging merah yang tinggi lemak dan mampu meningkatkan kolesterol jahat dan lemak jenuh pada jantung.

5. Minyak zaitun
Mengkonsumsinya secara rutin dapat menurunkan ion LDL dalam tubuh. Minyak zaitun adalah salah satu minyak yang sehat untuk jantung. Minyak zaitun dengan jenis Extra Virgin lebih banyak mangandung polifenol dibandingkan jenis lainnya.

6. Tomat
Tomat merupakan sumber vitamin yang berfungsi untuk membersihkan darah. Vitamin K dalam tomat berfungsi untuk mencegah terjadinya pendarahan. Akan lebih baik jika dikonsumsi pada saat segar. Jangan lupa, kadar antioksidan dalam buah satu ini juga lumatan tinggi. Cara efektif dan tidak membosankan mengkonsumsi tomat adalah dengan menjadikannya jus.

7. Apel
Konsumsi satu buah apel per hari akan membantu mencegah terjadinya pembekuan darah.Senada dengan tomat, kadar ntioksidan dalam buah satu ini juga lumatan tinggi. Cara efektif dan tidak membosankan mengkonsumsi apel adalah dengan menjadikannya jus. Dapat dikombinasikan dengan buah lain.

8. Almond
Mengandung vitamin B17, E dan mineral seperti magnesium, zat besi, dan merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik dalam tubuh.

9. Anggur merah
Anggur merah mengandung antioksidan yang disebut dengan resvaratrol. Makan Anggur merah dalam jumlah yang wajar ( tidak berlebihan ) bisa berdampak baik untuk kesehatan jantung. Selain itu pada anggur merah juga terkandung flavonoid.     Mengkonsumsinya dalam jumlah yang tidak berlebih dapat berdampak positif pada kesehatan jantung karena mengandung antioksidan yang disebut dengan resvaratrol. Di samping itu anggur merah juga mengandung flavonoid.

10. Cokelat
Cokelat yang baik adalah cokelat yang mengandung sedikit lemak dan tinggi cocoa. Cokelat hitam atau dark chocolate adalah jenis cokelat yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Mengkonsumsi sekitar 150 kalori cokelat yang mengandung 60 persen kandungan cocoa bisa menjadi bagian diet sehat untuk para penderita penyakit jantung. Tapi hati hati ya. Kabarnya ada coklat bermerk yang ternyata terdapat ulat di dalamnya. Hiiii….

Begitupun, olah raga yang cukup tetap diperlukan. Setidaknya 30 menit sehari. Pilihlah atau lakukan olah raga ringan yang anda sukai. Tapi apa catur atau bridge juga bisa ya? Dari sisi KONI, dua ini masuk olah raga. Tapi kayaknya nggak deh kalau termasuk olah raga yang disarankan untuk menjaga kesehatan. Atau ada pendapat lain? Monggoo…

Oh ya.. tanda tanda yang sering disepelakan yang menunjukkan adanya penyakit jantung ada di sini...

Posted on Desember 11, 2013, in penyakit, tips. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: