Manfaat Bayam


Bayam, siapa tidak tahu dengan jenis sayuran satu ini. Kali ini Majalah Wanita Online mencoba mengungkap manfaat bayam yang dikumpulkan dan dikutip dari banyak sumber.

Anak anak saja sudah hapal dengan sayuran satu ini sebagai makanan sumebr enerji bagi Popeye si Pelaut. Dalam cerita fiksi itu ditekankan bagaimana bayam bisa menjadikan Popeye menjadi manusia super kuat. Selain itu, bayam juga familiar dengan anak anak karena menu sayur bening bayam adalah menjadi salah satu makanan sehari hari anak anak. Meski sebenarnya, bukan bayam sayuran ini yang dikalengi dan dikonsumsi oleh si Popeye itu.

Jenis sayuran ini sebagai sayuran umum dikenal di Asia Timur dan Asia Tenggara. Di tingkat konsumen, dikenal dua macam bayam sayur: bayam petik dan bayam cabut. Bayam petik berdaun lebar dan tumbuh tegak besar (hingga dua meter) dan daun mudanya dimakan terutama sebagai lalapan (misalnya pada pecel, gado-gado), urap, serta digoreng setelah dibalur tepung. Daun bayam cabut berukuran lebih kecil dan ditanam untuk waktu singkat (paling lama 25 hari), lebih cocok untuk dibuat sup encer seperti sayur bayam dan sayur bobor. Bayam petik biasanya berasal dari jenis A. hybridus (bayam kakap) dan bayam cabut terutama diambil dari A. tricolor. Jenis-jenis lainnya yang juga dimanfaatkan adalah A. spinosus (bayam duri) dan A. blitum (bayam kotok).

  • Kandungan serat tinggi sebagai ciri khas dari sayuran, bayam membantu menangani masalah percernaan dan susah buang air besar. Bayam juga membantu mempertahankan kadar gula darah. Sifat serat yang lambat dicerna menjadikan bahan mampu menahan rasa lapar.
  • Kandungan Flavonoid dalam bayam mempunyai sifat anti-kanker yang mampu memperlambat pembelahan sel dalam perut manusia dan sel sel kanker.
    Manfaat Bayam sebagai Anti-inflamasi
  • Bayam mengandung anti inflamasi Neoxanthin dan violaxanthin yang memainkan peran menagnggulangi peradangan.
  • Kandungan Vitamin C, vitamin E, beta-karoten, mangan, seng dan selenium hadir dalam bayam menjadikan bayam berfungsi sebagai antioksidan melawan radikal bebas sehingga dapat membantu mencegah terjadinya penyakit penyakit degenereratif serta memerangi terjadinya osteoporosis, aterosklerosis dan tekanan darah tinggi.
  • Vitamin A dalam bayam tidak hanya melindungi dan memperkuat “entry point” ke dalam tubuh manusia, seperti membran mukosa, saluran pernapasan, saluran kemih dan usus, tetapi juga merupakan komponen kunci dari limfosit yang memerangi infeksi, serta menjaga meremajakan kulit.
  • Vitamin K dalam bayam membantu tubuh mencegah aktivasi kelebihan osteoklas (sel-sel yang memecah tulang), serta mempromosikan sintesis osteocalcin, protein yang sangat penting untuk menjaga kekuatan dan kepadatan tulang kita.
  • Klorofil yang banyak terdapat di dalam sayur bayam juag mempunyai kekuatan menghalangi mutasi sel yang merupakan langkah pertama pembentukan kanker. Dengan mengkonsumsi setengah gelas bayam sehari bisa mengurangi resiko terkena kanker, terutama kanker paru. Karena kandungan besi pada bayam mudah dicerna jus bayam sangat membantu sebagai obat anemia. Namun, bagi yang mudah terkena penyakit batu ginjalnya.
  • Segelas jus bayam mengandung 1,7 mg zat besi, 35 mg sodium, 259 mg potassium, 51 mg kalsium, 28 mg fosfor, 4,460 I.U Vitamin A, 28 mg vitamin C, 3,5 mg biotin, 44 mg magnesium, 0,42 mg mangan, 0,5 mg aluminium. Kandungan mangan yang terdapat dalam jus bayam berkhasiat sebagai antidiabetes.

Bayam akan lebih baik lagi bila dibudidayakan dengan cara organik terbebas dari pestisida dan pengendali hama kimia. Membudidayakan bayam secara organik bisa dilakukan di tempat tempat luang yang ada di sekitar rumah, dengan menggunakan pot, mulsa baik secara biasa maupun secara vertikultur. Penggunaan Pupuk organik dari PT Natural Nusantara akan sangat membantu keberhasilan budidaya bayam. Pt Natural Nusantara adalah main distributor Crystal X

Posted on Desember 6, 2012, in Manfaat Buah, Umum and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: