Manfaat Daun Jambu Biji


Kali ini, giliran Manfaat Daun Jambu Biji yang diangkat di Majalah Wanita Online. Jambu Biji, jambu Batu, atau jambu kluthuk (Psidium guajava) adalah tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, disebarkan ke negeri in Indonesia melalui Thailand. Jambu biji memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam-manis. Buah jambu batu dikenal mengandung banyak vitamin C. Daunnya bersama sama dengan buah sawo muda dan kunyit digunakan sebagai ramuan untuk menanggulangi diare atau mencret.

Buah tanaman jambu biji merah berkhasiat obat. Kandungan senyawanya terdiri asam ursolat, asam psidiolat, asam guajaverin, vitamin, A, Bl, C, kalsium, fosfor, besi, protein dan air. Sejumlah penyakit yang dapat diobati dengan daun tanaman jambu biji merah, antara lain:

Sakit diare atau mencret

Sediakan 5 lembar daun jambu biji merah, 1 potong akar, kulit dan batangnya. Bahan-bahan direbus dengan 1,5 hter air sampai mendidih, disaring diambil airnya, lalu diminum 2 kali sehari pagi dan sore.

Diabetes mellitus (DM)

Sediakan lbuah jambu biji merah setengah masak ke-mudian dibelah menjadi empat bagian dan direbus dengan 1 liter air sampai mendidih. Air rebusan disaring untuk diambil airnya, lalu diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

Sakit maag: Sediakan 8 lembar daun jambu biji merah yang masih segar. Bahan-bahan tersebut direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya, diminum 3 kali sehari, pagi,
siang dan sore. Lakukansampai sembuh.

Beser atau sering kencing berlebihan

Sediakan 1 genggam daun jambu biji merah yang masih muda, 3 sendok bubuk beras yang di-goreng tanpa minyak (Jawa: sangan). Keduabahan direbus dengan 2,5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal   1 gelas kemudiandisaring. Air rebusan diminum tiap 3 jam sekali 3 sendok makan.

Sariawan

Caranya, sediakan 1 genggam daun jambu biji merah, 1 potong kulit batang jambu biji merah. Bahan-bahan tersebut direbus bersama 2 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya, dan dirninum 2 kali sehari.

Sakit kulit

Sediakan 1 genggam daun jambu biji merah yang masih muda, 7 kuntum bunga jambu biji merah. Bahan-bahan tersebut ditumbuk bersama-sama sampai halus, selanjutnya digunakan untuk menggosok bagian kuht yang sakit. Lakukan berulang-ulang hingga sembuh.

Luka bakar
Ambil 3 pucuk daun jambu biji merah yang masih muda, dikunyah sampai lembut, kemudian di-tempelkan pada bagian tu-buh yang mengalami luka bakar agar tidak mengeluar-kan darah terus menerus. Lakukan hingga sembuh.

Pada penyakit Demam Berdarah, jus buah jambu biji merah banyak dipercaya membantu penyakit ini sembuh.

Posted on November 29, 2012, in Manfaat Buah, tips, Umum and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: