Khasiat dan Manfaat Asi eksklusif


Majalah Wanita Online | Banyak ibu menyusui yang bekerja diluar rumah, merasa tidak bisa kalau harus memberikan asi ekslusif selama minimal 6 bulan. Ada saja alasannya. Jam Kerja, tidak bisa ijin, dan segala macam lainnya. Tapi aneh juga, ada seorang pejabat, wanita, yang seyogyanya tahu bahwa banyak di jajaran bawahannya yang masuk dalam kategori ibu menyusui, dengan santainya mewajibkan 5 hari kerja sehingga ibu menyusui harus meninggalkan bayinya lebih lama.

ASI Eksklusif (menyusui dengan ASI saja sampai bayi berumur 6 bulan) merupakan nutrisi bagi bayi berupa air susu ibu tanpa memberikan makanan tambahan, cairan, ataupun makanan lainnya, hingga berumur 6 bulan. Manfaat ASI Eksklusif adalah memberikan perlindungan yang diperlukan oleh bayi.Sebaiknya kita ibunya yang mengusahakan produksi ASI bisa meningkat dan mencukupi si bayi.
ASI eksklusif mempunyai syarat syarat :
1. Hanya memberikan ASI saja sampai enam bulan
2. Menyusui dimulai 30 menit setelah bayi lahir
3. Tidak memberikan cairan atau makanan lain selain ASI, kepada bayi yang baru lahir
4. Menyusui sesuai kebutuhan bayi
5. Berikan kolustrum (ASI yang keluar pada hari pertama yang mempunyai nilai gizi tinggi)
6. Cairan lain yang boleh diberikan hanya vitamin, mineral obat dalam bentuk drop atau sirup

Satu hal pasti, adalah kandungan dari susu manusia dan susu sapi itu berbeda. Pada susu sapi kadar proteinnya lebih tinggi yaitu 3,4 persen, sedangkan susu manusia hanya 0,9 persen. Kadar laktosa di dalam susu manusia lebih besar yaitu 7 persen sedangkan di dalam susu sapi sebesar 4,8 persen.Karena itu ASI untuk otak dan susu formula untuk otot.

Laktosa sangat penting dalam proses pembentukan myelin otak. Myelin ini berfungsi untuk mengantarkan rangsangan yang diterima oleh bayi. Saat menyusu rangsangan yang diterima oleh si kecil seperti mencium bau ibunya serta mendengar dan merasakan napas sang ibu.

Sedangkan pada susu sapi kandungan yang paling tinggi adalah protein yang berfungsi membantu pembentukan otot karena sapi memang membutuhkan otot yang kuat seperti untuk bergerak atau membajak sawah.

Laktosa yang tinggi pada bayi yang baru lahir kadang bisa menyebabkan diare. Tapi kondisi ini merupakan suatu hal yang normal atau fisiologis sehingga ibu tidak perlu menghentikan pemberian ASI.

Selain itu AA dan DHA yang terkandung di dalam ASI juga dilengkapi dengan enzim lipase sehingga bisa dicerna oleh tubuh bayi. Sedangkan pada susu formula memang ada AA dan DHA tapi tidak ada enzimnya. Hal ini karena enzim lipase baru dibentuk saat bayi berusia 6-9 bulan.

Manfaat lain dari ASI yang tidak didapatkan dari susu formula adalah kandungan kolostrum yang keluar di awal-awal bayi menyusu. Kolostrum yang keluar saat bayi menyusu mengandung 1-3 juta leukosit (sel darah putih) dalam 1 ml ASI.

Memberikan ASI eksklusif terutama sangat dianjurkan untuk bayi2 yang dilahirkan dengan cara caesar. Bayi “caesar” mengalami intensitas kesakitan yang sangat tinggi dibandingkan dengan bayi lahir normal yang sudah mengalami exercise dalam proses kelahiran sebelum khirnya muncul ke dunia dan beradaptasi dengan dunia luar. Dengan memberikan Asi eksklusif, maka dapat membantu mencegah infeksi dan mengurangi rasa sakit yang diderita bayi.

Penelitian terbaru menunjukkan bayi yang mendapatkan ASI eksklusif akan tumbuh menjadi anak yang lebih pintar dalam membaca, menulis dan matematika.

Dilansir Daily Mail, penelitian tersebut dibuat oleh Oxford University dan
Institute for Social and Economic Research. Ada lebih dari 10 ribu anak yang menjadi responden penelitian itu.

Dalam penelitian itu, peneliti melihat skor tes murid-murid yang dulu
mendapatkan Asi eksklusif sampai usia mereka 4 minggu dan dibandingkan dengan murid-murid yang diberi susu formula sejak baru lahir.

Menurut hasil penelitian tersebut, bayi yang mendapatkan Asi eksklusif akan tumbuh menjadi anak yang lebih pintar. IQ bayi ASI lebih tinggi 3-5 poin ketimbang yang tidak disusui.

Begitu hebatnya Asi eksklusif, efeknya langsung terlihat pada bayi yang baru empat minggu disusui ibu. Berdasarkan penelitian tersebut efek bayi Asi eksklusif terlihat saat anak duduk di sekolah dasar. Anak yang waktu bayi mendapat ASI eksklusif, lebih pintar membaca, menulis dan matematika di usia 5, 7, 11 dan 14 tahun.

Salah satu peneliti, Maria Iacovou menjelaskan, asam lemak rantai panjang (long-chain fatty acids) yang terkandung di dalam ASI membuat otak bayi berkembang. Tak hanya itu, menyusui juga membuat ikatan antara ibu dan anak lebih kuat.

Tak hanya untuk bayi, menyusui juga berguna untuk para ibu. Dengan menyusui, ibu bisa lebih terlindungi dari ancaman kanker ovarium dan payudara. Mengapa? Karena dengan menyusui memiliki efek pada keseimbangan hormon wanita.

Selain efek kesehatan, menyusui membantu ibu menurunkan berat badan usai melahirkan. Saat menyusui, 500 kalori terbakar setiap harinya

Solusi bagi wanita karier yang tidak bisa menyusui eksklusif selama enam bulan dengan alasan jam kerja adalah :

Ada seorang ibu, mau beribadah haji, dia mempunyai bayi 3 bulan. tetapi bagaimana kiatnya dia tetap bisa memberikan ASI ekslusif selama 6 bulan? Ternyata dia mempersiapkah jauh hari sebelum hari keberangkatan ke tanah suci, air susunya sendiri, dan disimpan dalam almari es. Yang diperkirakannya cukup untuk 2 bulan selama beribadah haji. Dan alhamdulillah, cukup. Jadi janganb eralasan lagi, HANYA ASI EKSkLUSIF! Powered by Crystal X

Posted on April 28, 2012, in asi, wanita and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: