Kista Ovarium


Kista Ovarium merupakan kantung kecil berisi cairan atau udara yang tumbuh di dalam ovarium (indung telur) wanita. Sebagian besar kista Ovarium ini tidak berbahaya. Namun, beberapa Kista Ovarium ini dapat menimbulkan masalah, mulai dari nyeri haid, Kista Ovarium pecah, perdarahan, hingga penyakit serius, seperti: terlilitnya batang ovarium, gangguan kehamilan, infertilitas hingga kanker endometrium.

Perbedaan Kista Ovarium dengan Mioma

Kista Ovarium sangat berbeda dengan mioma. Kista Ovarium berisi cairan atau udara, sedangkan mioma merupakan massa solid (tumor). Awam bilang dagiig tumbuh.  Kista Ovarium biasanya tumbuh di dalam ovarium (indung telur) wanita, sedangan mioma tumbuh pada dinding rahim wanita. Celakanya, Pada kenyataannya, seorang wanita bisa mengalami baik kista Ovarium maupun mioma secara bersamaan.Bahkan di Amerika, katanya sih, Kista Ovarium mencapai hampir 15 persen dari populasi wanita dewasa.

Inilah Proses Kista Ovarium Normal Terbentuk

Wanita normal mempunyai dua ovarium sebesar buah kenari. kira kira  2,5-5 cm x 1,5-3 cm x 0,9-1,5 cm. Berat ovarium kurang lebih 4-8 gram. Berada di sisi kiri & kanan rahim. Setiap ovarium menghasilkan satu telur yang terbungkus dalam folikel (kantong). Ketika telur keluar, hormon estrogen akan memberi sinyal kepada rahim. Pada gilirannya, lapisan rahim mulai menebal dan mempersiapkan pembuahan telur oleh sperma (kehamilan). Bila telur tidak dibuahi, maka seluruh isi rahim akan dikeluarkan dalam bentuk haid bulanan.

Jika folikel gagal untuk pecah dan melepaskan telur, cairannya tetap tinggal dan dapat membentuk kista kecil ( lebih kecil dari 4 cm). Ini normal terjadi dan biasanya terjadi pada salah satu ovarium. Kondisi ini disebut sebagai kista ovarium fungsional, biasanya akan hilang dengan sendirinya, dan tidak perlu diobati.

Tetapi pada kenyataannya banyak terdapat Kista Ovarium yang pathologis non fungsional. Kista jenis ini ten tu saja merupakan kelainan atau gampangnya penyakit yang seyogyanya secepatnya diatasi. Akan lebih baik lagi kalau dicegah.

Powered by : Crystal X Cegah dan Obati Kista Ovarium

 

Posted on April 4, 2012, in penyakit, wanita and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: