Seputar Belimbing Manis


Belimbing Manis. Berwarna kuning kehijauan ketika masih muda dan berwarna kuning kemerahan kalau sudah tua, berbiji kecil berwarna coklat, rasanya manis dengan sedikit asam dan banyak mengandung air. Bila dipotong memiliki penampang yang berbentuk bintang.

Belimbing adalah tumbuhan penghasil buah berbentuk khas yang berasal dari Indonesia, India, dan Sri Langka. Saat ini, belimbing telah tersebar ke penjuru Asia Tenggara, Republik Dominika, Brasil, Peru, Ghana, Guyana, Tonga, dan Polinesia. Usaha penanaman secara komersial dilakukan di Amerika Serikat, yaitu di Florida Selatan dan Hawaii. Di Indonesia, buah ini menjadi ikon kota Depok, Jawa Barat, sejak tahun 2007.

Pohon ini memiliki daun majemuk yang panjangnya dapat mencapai 50 cm, bunga berwarna merah muda yang umumnya muncul di ujung dahan. Pohon ini bercabang banyak dan dapat tumbuh hingga mencapai 5 m. Tidak seperi tanaman tropis lainnya, pohon belimbing tidak memerlukan banyak sinar matahari. Penyebaran pohon belimbing sangat luas, karena benihnya disebarkan oleh lebah.

Buah belimbing berwarna kuning kehijauan. Saat baru tumbuh, buahnya berwarna hijau. Jika dipotong, buah ini mempunyai penampang yang berbentuk bintang. Berbiji kecil dan berwarna coklat. Buah ini renyah saat dimakan, rasanya manis dan sedikit asam. Buah ini mengandung banyak vitamin C.

Salah satu jenis dari belimbing, yang disebut belimbing wuluh, sering digunakan untuk bumbu masakan, terutama untuk memberi rasa asam pada masakan.

Salah satu wilayah yang terkenal akan produksi belimbing adalah Demak, Jawa Tengah. Belimbing Demak terkenal berukuran besar, warnaya kuning cerah dan rasanya manis.

Buah belimbing manis banyak mengan­dung vitamin C, kalori, protein, lemak, karbohidrat, fosfor, serat, besi, vitamin A, pektin, kalium, vitamin Bl, natrium, dan vitamin B2.

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah belimbing manis berman-faat sebagai antioksidan yang berfungsi memerangi radikal bebas dan men-cegah penyebaran sel-sel kanker, me-ningkatkan daya tahan tubuh, serta mencegah serangan sakit sariawan.

Pektin yang terdapat dalam buah be­limbing manis mampu mengikat koles-terol dan asam empedu dalam usus, lalu membantu pengeluarannya, sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan melancarkan pencer-naan. Kalium yang tinggi dan natrium yang rendah bisa dijadikan sebagai obat antihipertensi.

Selain   buahnya   yang   memilikibanyak khasiat, pada bunga, daun, dan akarnya diyakini memiliki khasiat un­tuk obat antimalaria, maag, bisul, re-matik dan Iain-lain. Kendati demikian, sejauh ini belum tersebar luas hasil penelitian yang bisa dijadikan acuan.

Selain memiliki manfaat, pada bebe­rapa kasus buah belimbing manis berbahaya u*ntuk dikonsumsi. Karena kadar gula yang tinggi, buah ini tidak dianjurkan dikonsumsi oleh penderita diabetes. Bagi penderita sakit ginjal, mengonsumsi buah ini bisa memper-parah penyakitnya karena tingginya asam oxalat.

Selain itu, belimbing manis mengandung racun yang bisa mempengaruhi otak dan syaraf di mana pada penderitapenyakit ginjal, racun itu tidak dapat disaring dan dibuang, sehingga akan memperparah keadaan ginjalnya. Dengan cara dimakan biasa atau di­jadikan jus, belimbing manis memiliki manfaat bagi kesehatan.

Khasiat, dan beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan belimbing manis, serta cara pemanfaatannya antara lain untuk obat sariawan, anti­hipertensi dan menurunkan kolesterol dalam darah. Caranya, sediakan be­limbing manis yang sudah masak se-cukupnya dan dicuci bersih. Peman­faatannya langsung dimakan atau di-buat jus. Bisa juga ditambahkan gula secukupnya. Lakukan secara rutin.

Powered by Crystal X

Posted on Maret 27, 2012, in Manfaat Buah, tips, Umum and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: