Tips Sehat Saat Berpuasa


Majalah Wanita Online. Berikut Tips Tips Seputar Puasa.

“Banyak keuntungan yang diperoleh diambil dengan berpuasa yaitu proses detoksifikasi tubuh dari jenis jenis racun, mengurangi berat badan, memurnikan kerja otak, terlihat lebih muda, dan bisa melatih kesabaran seseorang. Kondisi ini pastinya akan membuat organ tubuh mendapat diskon dari beban kerja yang berat.”

“Puasa menuntut orang makan jadi lebih sedikit, terlebih bila bisa mengurangi makan-makanan manis tidak alami yang nantinya akan direspons positif oleh tubuh. Begitu juga ketika sahur dengan porsi makan yang lebih sedikit dan gerak tubuh selama beribadah yang lebih banyak akan membuat tubuh lebih ringan.”

“Puasa yang dilakukan dengan benar akan menjadikan denyut jantung teratur, pelepasan insulin berjalan baik dan gula darah lebih terkontrol. Ini karena puasa adalah proses detoksifikasi yang membuang racun lebih sedikit sehingga ginjal, liver dan sistem pencernaan tidak mendapat beban kerja yang berat.”

“Jika tak ingin bau mulut saat puasa, segera sikat gigi setelah makan sahur karena setelah 2 menit sisa makanan yang menempel di mulut dengan cepat menjadi asam. Selain itu kurangi makanan manis atau karbohidrat tinggi karena akan mempercepat metabolisme mulut menjadi asam.”

“Air kelapa membantu menghilangkan rasa haus dan mengganti konsumsi air yang hilang setelah 14 jam lebih berpuasa seharian, karena air kelapa mengandung komposisi elektrolit atau mineral yang seimbang dan mirip dengan cairan darah manusia.”

“Mengantuk saat puasa bukan hanya karena kurang tidur, tetapi juga karena metabolisme tubuh yang berubah. Sebagian besar penyebab mengantuk saat puasa karena menurunnya kadar glukosa dalam darah yang membuat otak sulit berkonsentrasi.”

“Puasa adalah proses detoksifikasi yang bagus karena bisa membersihkan pencernaan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Lewat detoks, makanan yang masuk ke dalam tubuh dan menjadi racun karena mengandung lemak jahat dan kolesterol bisa dibersihkan.”

“Makanan dan minuman manis memang dianjurkan untuk santapan awal buka puasa. Tapi bukan berarti semua yang manis boleh dikonsumsi, terlebih bila mengandung kadar gula tinggi. Idealnya, buka puasa dengan makan 3 buah kurma. Selain manis, kurma juga merupakan karbohidrat kompleks yang membuat gula diserap tubuh secara perlahan.”

“Ibu menyusui bisa puasa dengan tetap makan tiga kali, yakni saat sahur, buka puasa dan setelah taraweh. Hal terpenting, ibu menyusui harus banyak minum air putih agar produksi ASI tetap terjaga.”

“Saat puasa, penderita gangguan lambung sebaiknya menghindari makanan yang mengandung gas (lemak, sawi, kol, pisang ambon dan minuman bersoda), makanan yang merangsang produksi asam (kopi, alkohol, sari buah sitrus), makanan yang sulit dicerna (makanan berlemak, keju) dan makanan yang merusak dinding lambung (cuka, pedas, bumbu yang merangsang).”
#
“Saat puasa jika memungkinkan, cobalah tidur sejenak di awal siang untuk mengumpulkan energi. Serta hindari panas dan sinar matahari yang berlebihan karena bisa menyebabkan dehidrasi.”

“Larutan isotonik berfungsi untuk menggantikan cairan atau ion tubuh yang hilang melalui keringat akibat beraktivitas berat. Sehingga pada saat sahur sebenarnya larutan ini tidak terlalu dibutuhkan, karena saat sahur orang justru baru bangun tidur dan tidak mengalami kehilangan banyak cairan.”

“Buah-buahan yang mengandung banyak air bisa membantu menjaga kecukupan cairan selama berpuasa sepanjang hari. Melon, semangka, timun dan tomat termasuk buah-buahan yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat makan sahur dan berbuka.”

“Risiko dehidrasi rentan mengintai pasien diabetes yang sedang berpuasa. Bila ingin tetap puasa, pasien diabetes disarankan untuk banyak minum air yang diatur frekuensinya dari setelah buka puasa hingga menjelang sahur.”

“Jangan langsung tidur sehabis makan sahur karena bisa menyebabkan refluks esofagus (kembalinya makanan dari lambung ke dalam esofagus). Bila ini terjadi, makanan yang baru saja mencapai lambung akan berbalik arah menuju ke kerongkongan, yang juga membawa asam lambung.”

“Tidak semua ibu hamil bisa berpuasa karena kondisi-kondisi tertentu dapat mempersulit kehamilannya. Jika kondisi tubuh bagus, Waktu yang aman untuk ibu hamil berpuasa adalah trimester kedua atau sekitar bulan ke-4 sampai awal bulan ke-7 atau awal bulan ke-8.”

“Bila ingin menjaga kebugaran saat berpuasa lakukan jalan kaki usai sahur, tapi jika olahraganya untuk badan kuat dan berotot seperti angkat beban, lari, gym lakukan olahraga itu saat menjelang berbuka.”

“Terlalu banyak tidur saat berpuasa justru bikin lemas, karena tubuh yang seharusnya kondisi siaga tapi sengaja ditidurkan maka otot-otot tubuh akan melemas. Sehingga pada saat berusaha melakukan sesuatu, tubuh tidak siap melakukannya.”

“Saat berbuka sebaiknya tidak langsung makan dalam porsi besar. Mulailah dengan porsi kecil seperti sup, kolak atau makanan pembuka lain. Ini karena pencernaan perlu adaptasi sebelum makan besar.”

“Jika seseorang menjalankan puasa dengan benar, maka berat badan yang dimilikinya akan turun sekitar 5 persen diakhir puasa karena kalori yang masuk ke tubuh berkurang.”

“Kurangi porsi minum teh, karena teh bersifat diuretik yang membuat lebih sering buang air kecil, sehingga membuat tubuh kekurangan cairan padahal saat puasa pun tubuh sudah kekurangan cairan.”

“Olahraga tetap bisa dilakukan meski sedang berpuasa. Sebaiknya dilakukan pagi hari atau setelah subuh, cukup olahraga ringan yang tidak terlalu banyak mengeluarkan keringat misalnya jalan-jalan atau yoga, bersepeda selama 30 menit hingga 1 jam.”

“Saat lapar dan stres, tubuh akan meresponsnya dengan melepas lebih banyak kolesterol. Karena minim glukosa, lemak dijadikan sebagai sumber bahan bakar yang akan mengurangi jumlah sel-sel lemak dalam tubuh. Berkurangnya lemak akan membuat tubuh lebih mudah memproduksi insulin dan menjauhi risiko diabetes.”

“Supaya tetap bugar saat berpuasa, makanlah karbohidrat kompleks saat sahur seperti ubi, jagung, singkong, oatmeal, roti gandum, nasi merah karena kadar gulanya rendah dan menahan kenyang lebih lama hingga 6 jam.”

“Donor darah tetap bisa dilakukan saat puasa yakni saat malam hari setelah taraweh atau pagi hari sebelum jam 10 pagi. Sebaiknya tidak mendonor darah saat siang hari.”

“Bagi penderita kencing manis, lakukan cek sebelum puasa seperti gula darah, tensi, fungsi ginjal, kolesterol, indeks massa tubuh dan berat badan sehingga bisa dilakukan stratifikasi risiko.”

“Kurangilah minum es dan perbanyak minum air putih agar kondisi tubuh tetap terjaga dan lebih optimal saat berpuasa.”

Posted on Agustus 23, 2011, in tips and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: