Hubungan Intim Untuk Sehat, Bugar dan Awet Muda


Berbicara tentang hubungan intim, melakukan kegiatan seksual jelas memberikan sensasi nikmat. Lebih dari itu, juga menyehatkan secara fisik, psikis, dan spiritual. Menurut studi ilmiah, hubungan seks secara berkala dapat memperlambat proses penuaan.

Beberapa manfaat hubungan seks menurut para ahli antara lain:

1. Meremajakan kulit
Menurut studi, melakukan seks tiga kali seminggu akan membuat kita lebih muda 5 sampai 7 tahun. Aktivitas seks yang dilakukan dengan senang dan gairah akan memompa oksigen ke seluruh tubuh sehingga membuat darah mengalir lancar dan seluruh nutrisi akan tersalurkan ke kulit.

2. Menguatkan otot daerah panggul
Aktivitas seks memang tidak cukup efektif untuk mengurangi bobot tubuh tetapi dapat membakar kalori 200 – 250 per jam serta menguatkan otot di sekitar panggul.

3. Meningkatkan imunitas
Penelitian menunjukkan bahwa orgasme saat melakukan seks dapat merangsang munculnya sistem kekebalan tubuh. Hal ini terjadi karena orgasme meningkatkan level T3 dan T4 dari sel limfosit, tipe sel darah yang dapat memperoduksi antibodi sekitar 20%.

4. Memperbaiki mood
Ketika wanita mengalami orgasme, hormon oksitosin akan memproduksi cairan dalam otak yang dapat mengubah kondisi emosional dari perasaan kesal menjadi perasaan hangat.

5. Menghilangkan sakit kepala
Penelitian mengungkapkan bukti bahwa orgasme merangsang hormon endorphin mengeluarkan zat kimiawi di otak yang efektif menghilangkan sakit kepala.

6. Mencegah serangan hati
Seks sangat spesial bagi pria matang terutama pada pria usia 40 an. Seks dapat membantu meningkatkan testosteron yang dapat melindunginya dari serangan hati.

7. Memperpanjang usia
Para peneliti menganggap adanya hubungan antara usia panjang dengan frekuensi hubungan seks pria dan wanita.

8. Mengurangi resiko kehamilan
Studi pada tahun 1994 menemukan bahwa wanita yang menikmati hubungan seks memiliki resiko yang lebih kecil untuk mengalami komplikasi selama masa kehamilannya.

9. Mengurangi kadar kolesterol
Bercinta secara teratur dapat membantu mengurangi atau merendahkan kadar kolesterol buruk dalam tubuh.

10.Melindungi kelenjar prostat
Penelitian menunjukkan masalah prostat terjadi dan bertambah buruk karena adanya cairan yang diproduksi dalam kelenjar. Ejakulasi secara teratur akan membantu membersihkan cairan tersebut.

11.Mengurangi stres
Bercinta juga sangat efektif untuk mengurangi tingkat stres. Bahkan dengan melakukan hubungan seks Anda bisa mendapatkan rekreasi murah meriah dan menjadi cara luar biasa untuk melepaskan ketegangan, fisik dan emosional, membentuk kedekatan, dan melepaskan endorphin (hormon yang mampu mengurangi rasa sakit dan gangguan emosional).

12.Menguatkan rasa cinta
Sentuhan kasih sayang yang intim mampu meningkatkan keluarnya zat kimia tubuh, oksitosin atau “hormon kedekatan”. Oksitosin adalah zat yang mengembangkan hasrat seksual yang dikeluarkan di bawah kelanjar otak. Pelepasan oksitosin secara teratur dapat membantu memperbesar frekuensi bercinta.

13.Hubungan intim memperbaiki kesehatan jantung dan pembuluh darah
Berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Epidemiology and Community Health pada 914 pria yang diikuti selama 20 tahun, ditemukan bahwa melakukan hubungan intim 2 kali atau lebih dalam seminggu dapat mengurangi risiko serangan jantung pada separuh pria, dibandingkan dengan mereka yang melakukan hubungan seksual kurang dari 1 kali per bulan.

14.Hubungan intim membangun kepercayaan diri
Membangun kepercayaan diri adalah 1 dari 237 alasan mengapa seseorang melakukan hubungan seksual, berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh Archives of Sexual Behavior. Salah satu alasan mengapa seseorang berhubungan seksual adalah agar merasa dirinya lebih baik. ”Hubungan seksual yang baik dimulai dengan kepercayaan diri, apabila hubungan seksual tersebut diikuti dengan cinta, apa yang anda inginkan, dan komitmen, maka kepercayaan diri anda akan bertambah,” lanjut Gina Ogden, PhD, seorang terapis seksual di Cambridge.

15.Hubungan intim membantu tidur menjadi lebih baik
Oksitosin yang dilepaskan sewaktu orgasme juga dapat membantu tidur menjadi lebih nyenyak. Dan dapat digarisbawahi bahwa kualitas tidur yang baik berarti peningkatan kualitas hidup lebih baik lagi.

tags: Manfaat hubungan intim, keuntungan bercinta, frekuensi hubungan seksual, resep awet muda, memperlambat proses penuaan, tips mengurangi stres, cara menurunkan kadar kolesterol, memperbaiki kualitas tidur.

Posted on Agustus 22, 2011, in wanita and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: