Sembilan Kiat Hadapi Asam Urat


Majalah Wanita Online. Tips ampuh untuk menghidnari asam urat.

  1. Terapkan pola makan sehat seimbang dengan memilih karbohidrat kompleks (buah, sayuran, beras merah), protein tanpa lemak (tahu), dan lemak esensial yang sehat.
  2. Kenali makanan rendah purin. Di antaranya: pisang, seledri, peterseli, kol merah, kubis, paprika merah, dan buah asam. Mereka-mereka ini termasuk makanan yang baik untuk penderita gout. Selain itu, sayuran seperti bayam, asparagus, jamur, kacang polong, dan kembang kol mengandung purin dalam kadar sedang, sehingga tidak terlalu mempengaruhi kadar asam urat dalam darah.
  3. Makan makanan yang memiliki zat penurun asam urat dan mengurangi peradangan, seperti buah beri (bluberi, stroberi), tahu, minyak zaitun, dan lain-lain. Bawang putih sering disebut herbal ajaib karena dapat membantu menangani berbagai penyakit dan bermanfaat dalam banyak fungsi tubuh. Mengkonsumsi 3-5 siung bawang putih sehari dapat membantu mengatasi gout dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sementara peterseli juga bersifat diuretik (peluruh kencing), sehingga dapat membantu menggelontor asam urat dari tubuh. Sayuran ini bisa dikonsumsi segar atau diseduh seperti teh.
  4. Minum teh dan kopi. Menurut penelitian dari Boston Univerity dan Harvard Medical School, minum 2-4 cangkir teh dapat menurunkan resiko asam urat pada perempuan sekitar 22 persen. Sementara minum kopi 4 cangkir per hari, menurut penelitian serupa, dilaporkan dapat memangkas resiko terbentuknya gout hingga 50 person lebih (American Journal of Clinical Nutrition, Agustus 2010).  Tapi kalau bisa minum teh saja karena terlalu banyak minum kopi memberikan efek samping yang lumayan bagi wanita.
  5. Manfaatkan herbal alami.
    • Sambiloto (Andrographis paniculata nees) bersifat diuretik dan antiinflamasi (antiperadangan) sehingga dapat membantu mengatasi radang sendi pada gout.
    • Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) mengandung zat germakron yang bersifat antiinflamasi juga.
    • Lada hitam (Piper nigrum) dapat meningkatkan urinasi dan bersifat antiinflamasi.
    • Daun tempuyung (Sonchus arvensis) memiliki senyawa flavonoid yang bersifat antioksidan yang dapat menghambat kerja enzim kesatin oksidase dan reaksi superoksida, sehingga pembentukan asam urat dapat dihambat atau dikurangi.
  6. Perbanyak minum air putih (8 gelas sehari) atau ditambah jus buah segar (tomat, jeruk, nanas, dll).
  7. Lakukan Olahraga teratur 4-5 kali seminggu selama 30-45 menit setiap latihan. Bisa memilih latihan yang gampang, seperti jalan kaki atau joging.
  8. Jaga berat badan. Hindari makanan tinggi purin seperti ikan teri jengki, sardin, ikan hering, ragi, jeroan (ginjal, hati, paru, babat, iso), kacang goreng, ekstrak daging, dan lain-lain.
  9. Hindari minuman keras.

Powered by :Crystal X

Posted on Agustus 17, 2011, in tips and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: