Tipa Agar Puasa Tetap Bugar


Majalah Wanita Online. Sepersepuluh sudah kita lalui puasa Ramadhan kali ini. Inilah sedikit tips agar kita tetap bugar dalam menjalankan puasa.

  1. Upayakan untuk selalu mengkonsumsi makanan bergizi baik pada saat sahur atau berbuka puasa. Walaupun menu sederhana, yang penting mengandung lima unsur gizi lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral.
  2. Minum yang cukup sekitar 8 – 10 gelas sehari. Minum disini tidak hanya air putih saja tapi bisa susu, teh, atau jus buah. Upayakan untuk mencegah dehidrasi tubuh dengan banyak minum air putih pada malam hari. Hal ini penting dilakukan, karena pada siang hari aktivitas kita cenderung banyak mengeluarkan keringat baik di ruangan terbuka atau ber – AC.
  3. Agar Anda mampu menahan rasa lapar, perbanyaklah mengkonsumsi jenis makanan berserat yang banyak terdapat dalam sayur dan buah. Tubuh kita memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna makanan yang banyak mengandung serat. Namun jangan  terlalu kenyang pada saat sahur. Untuk itu sahur dilakukan mendekati waktu imsyak. kan sunnahnya juga begitu.  Mengakhirkan makan sahur.
  4. Bagi penderita sakit lambung makanan yang sebaiknya dihindari adalah ketan, mie, daging berlemak, ikan dan daging yang diawetkan, sayuran mentah, minuman yang mengandung soda, dan bumbu yang tajam (cuka, cabai, asam). Jenis makanan tersebut bisa menimbulkan gas yang berpengaruh meningkatkan produksi asam lambung.
  5. Sedangkan bagi penderita diabetes bisa mengkonsumsi nasi merah. Saat berbuka makanlah makanan ringan yang berkalori cukup. Perhatikan juga asupan obat-obatan, jangan sampai beresiko pada hipoglikemi (kadar gula terlalu rendah).
  6. Jika memungkinkan lakukan olahraga ringan menjelang berbuka puasa, dengan melakukan olahraga ringan, niscaya tubuh Anda akan lebih fit dalam menghadapi sebulan penuh berpuasa.
  7. Pada saat berbuka puasa, hendaknya tidak langsung makan dalam jumlah banyak tapi secara bertahap. Bisa dimulai dengan makan dan minum yang manis-manis seperti teh hangat dengan kurma. Tapi ingat, jangan mengkonsumsi minuman yang mengandung soda, karena dapat menimbulkan akibat buruk bagi perut Anda.
  8. Vitamin yang penting dikonsumsi setiap hari adalah vitamin A, B, dan C. Vitamin tersebut terdapat pada buah berwarna kuning atau merah, sayur berwarna hijau tua, dan kacang-kacangan.
  9. Dan yang penting, jangan lupakan sholat lima waktu serta perbanyak dzikir.

Mari sama sama kita menjaga puasa kita agr menjadi puasa yang diterima Alloh SWT dan bukan sekedar mendapatkan lapar dan dahaga saja.  “Allohumma innaka ‘affuwuwun tuhibbul ‘afwaa fa’ fu’anni…

powered by Crystal X

Posted on Agustus 12, 2011, in tips and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: